Senin, 11 April 2016

PONDASI INFLATABLE LIFE RAFT

PONDASI INFLATABLE LIFE RAFT


Artikel ini adalah artikel yang kedua kalinya saya tulis dikarenakan artikel yang pertama dengan judul yang sama secara tiba-tiba menghilang saat sedang diedit, walaupun beberapa saat sebelumnya artikel tersebut telah saya publikasikan.

I.L.R adalah alat yang digunakan untuk meninggalkan kapal pada saat keadaan darurat terjadi. I.L.R dikemas sedemikian rupa didalam suatu wadah (umumnya terbuat dari Fiber Glass / F.R.P) yang bentuknya menyerupai kapsul, oleh sebab itu I.L.R banyak disebut sebagai "Kapsul penolong".
Di dalam I.L.R terdapat persediaan makanan dan minuman serta peralatan untuk bertahan hidup dalam keadaan darurat seperti antara lain; kail untuk menangkap ikan, cermin untuk isyarat, Firt Aid Kit / P3K, Flares and Distress Signal, pada umumnya sama seperti yang terdapat didalam Life Boat atau perahu penolong. Setiap kapal yang menggunakan I.L.R harus menyesuaikan jumlah dan kapasitas I.L.R yang digunakan dengan jumlah Crew yang ada di kapal.
I.L.R dapat dioperasikan secara manual yaitu dengan cara meluncurkan I.L.R dari atas kapal hingga terhempas ke atas perairan atau dengan cara otomatis yaitu dengan bantuan Hydrostatic Release Unit (H.R.U) jika I.L.R tidak sempat diluncurkan secara manual. Agar I.L.R dapat dengan baik diluncurkan maka diperlukan sebuah Pondasi Inflatable Life Raft (I.L.R) yang memadai.
Berikut akan dibahas bagaimana membuat sebuah Pondasi Inflatable Life Raft untuk I.L.R berkapasitas 10 orang dengan menggunakan material Pipa, yang direncanakan ditempatkan pada sebuah Tug Boat dengan perincian sebagai berikut :


Belajar Mengenai Kapal
Inflatable Life Raft (Painter line belum terpasang)

 

1. Material Pondasi.


Material yang digunakan untuk Pondasi Inflatable Life Raft sebagian besar menggunakan material Pipa dengan diameter 11/2" Sch.40 dan Elbow yang digunakan untuk bagian peluncur (lihat Gbr. - Part of G) dan bagian dudukan / seating (lihat Gbr. - Part of F, R dan Side View) sedangkan material Plat t=8 mm dipakai untuk End Plate dan tempat H.R.U (Pad) (lihat Gbr.Detai B) serta Bracket untuk penahan peluncur (lihat Gbr.Fitting On Deck).

2. Peluncur I.L.R.


Peluncur dibuat sedemikian rupa dengan ukuran panjang 1600 mm dan lebar 378 mm (lihat Gbr. Part of G). dibagian tengahnya diberi pipa yang terpasang melintang searah lebar, guna pipa ini untuk menempatkan Eye Pad untuk tali pengikat I.L.R. Panjang peluncur disesuaikan dengan jarak antara sisi luar kapal dengan sisi luar pondasi Inflatable Life Raft atau jarak antara sisi luar dari geladak tempat I.L.R berada dengan sisi luar badan kapal, umumnya jarak ini adalah 1000 mm. Perinsip dasarnya panjang peluncur haruslah cukup untuk meluncurkan I.L.R keluar kapal (ke peraiaran) tanpa terbentur bagian kapal yang berada dibawahnya.

Belajar Mengenai Kapal
Gbr. Part of  G and Part of R

3. H.R.U Pad.


H.R.U Pad atau tempat / dudukan untuk H.R.U dibuat menggunakan Plat dengan tebal 8 mm dan memiliki ukuran 70 x 35 mm dengan diameter lubang 11 mm dan jarak antara lubang 38 mm. Ukuran dan bentuk dudukan yang sedemikian rupa dibuat Khusus untuk H.R.U dengan material Stainless steel. (umumnya buatan RRC). Dudukan H.R.U ditempatkan diatas sebuah pipa yang terpasang melintang pada pipa pondasi bagian depan (Gbr. Part of F). Untuk detail ukuran Pad dapat dilihat pada Gbr. Detail B.

Belajar Mengenai Kapal
Gbr. Part of F dan Detail B

4. Pengikat I.L.R


Agar I.L.R yang ditempatkan diatas pondasi duduk dengan aman dan tidak terhempas ke peraiaran maka I.L.R harus diikat dengan menggunakan Wire rope berukuran 8 mm (sebaiknya menggunakan wire rope yang bersalut plastik agar tidak mudah berkarat). Kedua ujung dari Wire rope diikatkan pada H.R.U dengan menggunakan Clamp, masing-masing ujung menggunakan 2 buah Clamp. Cara memasang H.R.U akan dibahas pada artikel selanjutnya.

5. Baut dan Mur.


Baut dan mur dipakai sebagai engsel dari bagian peluncur. ukuran baut M 20 (diameter 20 mm) dengan panjang minimal 127 mm, jumlah yang diperlukan 2 set Baut (Bolt) + Mur (Nut) dan 4 buah Ring plat (Washer). Bila panjang baut yang diinginkan susah didapat dipasaran maka alternatifnya dapat memakai As drat / Long drat / Stud bolt.

Belajar Mengenai Kapal
Gbr. Side View dan Sect.A-A

6. Eye Pad.


Eye pad disini berfungsi sebagai tempat penahan peluncur atau tempat dimana Wire rope pengikat I.L.R terkait pada bagian peluncur (lihat Gbr. Part of G). Eye pad dapat dibuat menggunakan potongan rantai berukuran 17,5 mm atau dapat juga menggunakan Round Bar berukuran 16 mm atau 19 mm. Wire rope dikaitkan kepada peluncur dengan cara memasukkan Wire rope kedalam kedua Eye pad tanpa mengikatkan Wire rope pada Eye pad.

7. End Plate.


End plate dipasang pada ujung-ujung dari pipa kaki-kaki pondasi I.L.R, ukuran diameter End plate adalah 100 mm dengan tebal plat 8 mm jumlah 4 buah. Bentuk End plate dapat berbentuk lingkaran atau dapat juga berbentuk persegi. 

8. Penempatan Pondasi I.L.R


Pondasi Inflatable Life Raft ditempatkan sedekat mungkin dengan sisi luar dari Geladak tempat pondasi diletakkan, sebagai patokan dapat diambil jarak 130 mm. Umumnya I.L.R ditempatkan diatas Boat deck. Pondasi I.L.R khususnya bagian peluncurnya tidak boleh terhalang oleh konstruksi apapun (misalnya railing) agar I.L.R dapat diluncurkan dengan baik. Sebagai patokan jarak antara Railing dengan I.L.R dapat diambil dari panjang kemasan I.L.R ditambah 150 mm kearah kanan dan kiri I.L.R.

Belajar Mengenai Kapal
Gbr. Fitting On Deck


Catatan :

  • Semua sambungan pada setiap bagian pondasi menggunakan pengelasan kecuali Baut dan Mur.
  • Ukuran Pipa yang digunakan harus disesuaikan dengan berat dari I.L.R, semakin besar kapasitas I.L.R maka tentunya semakin berat kemasan dari I.L.R tersebut.
  • Mengingat akan berat dari pada I.L.R maka panjang peluncur harus disesuaikan juga dengan berat I.L.R tersebut agar bagian peluncur tidak mudah patah atau bengkok saat digunakan.

Sekian Artikel mengenai Pondasi Inflatable Life Raft, artikel selanjutnya adalah Cara Memasang H.R.U, semoga bermanfaat dan Terima kasih karena Anda telah Belajar Mengenai Kapal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar