Kamis, 14 April 2016

HYDROSTATIC RELEASE UNIT

HYDROSTATIC RELEASE UNIT


Artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul Pondasi Inflatable Life Raft. Hydrostatic Release Unit (H.R.U) adalah sebuah alat bantu yang digunakan pada Inflatable Life Raft yang fungsinya untuk meluncurkan atau membuka Inflatable Life Raft (I.L.R) secara otomatis (automatically) dengan bantuan tekanan air (water pressure) terhadap Diaphragm yang berada didalam ruang (chamber) H.R.U sehingga pengunci terbuka. 
Hydrostatic Release Unit bekerja secara otomatis hanya jika unit terendam air dan unit mendapat tekanan air yang cukup, hal ini dapat terjadi atau hanya dimungkinkan saat kapal tenggelam.
Agar Hydrostatic Release Unit dapat bekerja secara otomatis maka pemasangannya pada pondasi dan koneksinya terhadap Inflatable Life Raft harus benar. 
Berikut akan dibahas cara memasang Hydrostatic Release Unit lengkap dengan gambar dan keterangan fungsi dari masing-masing koneksi. Sebagai conto dipakai H.R.U berbahan Stainless steel dengan Realease Dept 2 ~ 4 m.

Cara Pemasangan H.R.U


1. Posisi H.R.U

H.R.U dipasang atau ditempatkan pada Pad yang tersedia dengan posisi bagian belakang mengarah keluar pondasi (inboard), yang dimaksud dengan bagian belakang adalah bagian dimana terdapat Label atau Name plate yang mencantumkan Tanggal / Date, Serial Number dan Release Dept. 
Pengaturan posisi H.R.U sedemikian rupa dimaksudkan agar dapat lebih mudah mengetahui tanggal untuk pemeriksaan selanjutnya dari sejak H.R.U dibuat (Manufacturing Date), H.R.U harus diperiksa kelayakannya setiap 5 tahun sekali, tidak ada batas waktu atau kadaluarsa dari unit asalkan semua bagian dari unit masih tampak baik dan masih dapat berfungsi baik, adalah lebih baik jika pemeriksaan unit dilakukan setiap tahun (1 tahun sekali).

2. Koneksi H.R.U dengan Pondasi.


Koneksi atau sambungan antara bagian Peluncur pada pondasi dengan H.R.U dilakukan dengan memakai Wire Rope yang ujung-ujungnya diikatkan pada ring dibagian atas H.R.U dengan memakai Clamp (lihat Gbr. Pemasangan H.R.U), cara ini hanyalah sebagai salah satu contoh koneksi.
Wire rope harus terpasang dengan kuat dan tidak kendur, hal ini bertujuan agar posisi I.L.R dapat benar-benar rapat dan tidak goyah karena goncangan pada saat kapal berlayar.
 
Belajar Mengenai Kapal
Gbr. Pemasangan Hydrostatic Release Unit

3. Koneksi H.R.U dengan I.L.R


H.R.U dihubungkan dengan I.L.R melalui Painter line yaitu tali yang keluar dari wadah pembungkus I.L.R yang bila ditarik akan membuat I.L.R mengembang / terbuka. Ujung Painter line diikatkan pada ring dibagian atas I.L.R (lihat Gbr. Koneksi H.R.U), pada ring yang sama diikatkan juga salah satu ujung dari Weak rope yang berfungsi sebagai tali penerus yang dapat putus oleh karena daya apung yang terjadi setelah I.L.R mengembang, sedangkan ujung lainnya diikatkan pada lubang yang berada dibagian bawah H.R.U.

Belajar Mengenai Kapal
Gbr. Koneksi Hydrostatic Release Unit


Cara kerja H.R.U


Bagaimana H.R.U berkerja secara otomatis dan bagaimana I.L.R dapat mengembang berikut penjelasannya.
Hydrostatic Release Unit (H.R.U) akan bekerja secara otomatis hanya jika atau hanya terjadi pada saat kapal tenggelam. Pada saat kapal tenggelam maka H.R.U akan ikut terbenam dan bagian Chamber H.R.U akan terisi air, karena adanya tekanan yang berasal dari air pada Diagphram yang kemudian diteruskan pada Pegas yang akan membuka kait pengaman H.R.U (tergantung Release depth H.R.U) maka otomatis I.L.R akan terlepas dari ikatan pada Pondasi I.L.R sehingga I.L.R beserta wadah pembungkusnya terlepas dan mengapung. Disaat I.L.R dan wadahnya mengapung, bersamaan dengan itu Painter rope juga ikut tertarik keluar dari dalam wadah tempat I.L.R berada sampai batas tertentu (tergantung panjang tali) yang akhirnya memicu terbukanya Inflatable Life Raft. Karena kuatnya daya apung I.L.R maka Weak rope akan putus dan melepas I.L.R yang telah mengembang keatas permukaan perairan.
Untuk mengembangkan I.L.R secara manual dapat dilakukan dengan menarik Manual release pin yang berada dibagian atas H.R.U.

Sekian Artikel mengenai Hydrostatic Release Unit semoga bermanfaat dan Terima kasih karena Anda telah Belajar Mengenai Kapal.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar