Minggu, 25 Oktober 2015

HOSE TEST

Hose Test.


Hose Test adalah metode pengujian kekedapan yang menggunakan air bertekanan yang disemprotkan melalui selang (hose) yang memakai nozzle.
Pengujian kekedapan dengan Hose Test dilakukan untuk menguji kekedapan dari Pintu Kedap Air (Watertight Door), Pintu Kedap Cuaca (Weathertight Door) dan Hact Cover yang terpasang pada kapal.

Hose Test harus dilakukan sesuai dengan peraturan dari Biro Klasifikasi dimana kapal dikelaskan. Hose Test diterapkan pada kapal-kapal Bangunan Baru (New Building) atau juga pada kapal-kapal yang melakukan perbaikan (Repair), terutama yang menyangkut perbaikan pada Pintu Kedap dan Hatch Cover, Hose Test dapat juga dilakukan bedasarkan permintaan Surveyor pada saat kapal dilakukan survey.

Selain memakai metode Hose Test, pengujian kekedapan terhadap Pintu Kedap dan Hatch Cover dapat pula dilakukan dengan cara memakai metode Chalk Test tetapi metode ini hanya dipakai sebagai alternatif dan untuk keadaan khusus saja.

Untuk lebih jelasnya bagaimana cara melakukan pengujian kekedapan dengan memakai metode Hose Test dan peralatan apa saja yang dibutuhkan serta bagaimana cara memperbaiki bila terjadi kebocoran pada benda uji, berikut adalah penjelasannya :

1. Peralatan.

  1. Pompa Air yang memiliki tekanan yang cukup tinggi atau pompa yang dapat menyemburkan air bertekanan paling sedikit sebesar 2 bar atau setara dengan 30 psi.
  2. Bila tidak ada pompa yang khusus maka dapat dipakai pompa air yang memiliki Head antara 20 m s/d 25 m maka akan didapat tekanan sebesar 1,96 bar s/d 2,45 bar. Tekanan akan bertambah setelah air melewati Nozzle.
  3. Hose dengan panjang sekitar 5 m s/d 10 m, bila terlalu panjang akan mengurangi tekanan air.
  4. Nozzle untuk Hose harus memiliki diameter dalam sebesar minimum 12 mm atau setara dengan 0,5".

2. Prapengujian.

  1. Pastikan semua komponen Pintu Kedap dan Hatch Cover yaitu Pelat daun, Ambang, Handle, Cleat, Wheel, dll. dalam keadaan baik terutama bagian Rubber Seal.
  2. Tutuplah Pintu Kedap dan Hatch Cover dengan cara memutar bagian Handle atau Wheel sampai benar-benar tertutup rapat.

3. Pengujian.

  1. Posisikan Nozzle pada jarak maksimum 1,5 m atau 5 ft dari Pintu Kedap atau Hatch Cover.
  2. Hidupkan Pompa sehingga air keluar melalui Nozzle.
  3. Arahkan semburan air sedapat mungkin pada bagian antara Ambang Pintu (Doorway) atau Hatchway dengan Daun Pintu (Door Leaf) atau Hatch Cover, lakukan untuk daerah sekeliling Ambang.
  4. Arahkan juga semburan pada bagian-bagian lainnya, yaitu bagian dari Pintu Kedap atau Hatch Cover yang memungkinkan air dapat masuk, selain itu arahkan Nozzle pada sambungan pengelasannya.
  5. Dari sisi sebelah dalam benda uji, perhatikan apakah ada / terjadi kebocoran. Bila ada kebocoran berarti Pintu Kedap / Hatch Cover tidak lulus uji dan harus diperbaiki. 

4. Perbaikan.

  1. Bila kebocoran terjadi pada bagian Karet Pintu (Seal), cara memperbaikinya adalah dengan menambahkan ketebalan dari Karet (Seal) tersebut (untuk seal baru), atau mengganti Karet dengan yang baru (untuk pintu yang diperbaiki).
  2. Bila kebocoran terjadi pada bagian Poros Handle maka cara memperbaikinya adalah dengan cara mengencangkan Mur pengunci dari Poros Handle dimana terjadi kebocoran.
  3. Bila Mur Poros Handle telah dikencangkan tetapi kebocoran masih ada maka periksa bagian selubung Poros dimana didalamnya terdapat Karet Handle yang bentuknya menyerupai cincin (lihat gambar handle), biasanya Karet Handle tersebut tidak duduk dengan sempurna pada tempatnya atau Karet Handle mengalami kerusakan jadi harus diganti dengan yang baru. Bila tidak ada Karet Handle cadangan maka alternatifnya adalah dengan memakai Rubber Silikon yang dicetak langsung pada poros yang terpasang.
Belajar Mengenai Kapal
                                                            Gbr. Handle Pintu Kedap.

Daftar Pustaka :
DNV Rules - Offshore Standard. DNV-OS-C301. Stability And Watertight Integrity - Testing Of Door And Hatch Cover - I.200 Hose Testing Of Watertight And Weathertight Doors And Hatch Cover.
DNV Rules for Ship / High Speed, Light Craft and Naval Surface Craft, Part 2 Chapter 3 Section 8  Structural And Tightness Testing - Page 50 - B. Testing - B.102.
ABS Rules - Part 7 Operation And Maintenance - Chapter 1 : Testing, Trials And Surveys During Contruction - Hull - Section 1 : Tank, Bulkhead And Rudder Tightness Testing.  5.7 Hose Testing.
Sekian Artikel tentang Hose Test semoga bermanfaat artikel berikutnya adalah Hydrostatic Test dan Terima kasih karena Anda telah Belajar Mengenai Kapal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar