Selasa, 13 Februari 2018

SERTIFIKAT RANTAI DAN JANGKAR

SERTIFIKAT RANTAI DAN JANGKAR


Artikel kali ini akan membahas mengenai Sertifikat Rantai dan Jangkar kapal, judul tersebut dipilih karena masih banyak para pekerja yang berhubungan dengan docking kapal yang belum sepenuhnya mengetahui cara identifikasi rantai dan jangkar kapal apakah memiliki sertifikat yang sesuai dengan nomor yang tertera pada fisik rantai dan jangkar (stamp) yang dimaksud.

Pada fisik rantai dan jangkar kapal akan tertera stamp (istilah lainnya; cetok atau setempel) yang menerangkan kekuatan rantai, nomor sertifikat rantai, jenis dan grade rantai, tanggal pembuatan dan tanda class. Sama halnya dengan rantai kapal, pada jangkar kapal juga akan tertera nomor sertifikat, nomor seri (serial number) dan berat jangkar. Masalah yang sering dialami oleh para pemilik kapal terutama para Owner surveyor (OS) adalah ketidak tahuan tentang bagaimana mengidentifikasi rantai dan jangkar kapal dalam hal mencari letak nomor sertifikat, ukuran, dll.pada fisik rantai dan jangkar tersebut serta mencocokannya dengan sertifikat dari rantai dan jangkar tersebut.

Sebagaimana diketahui bahwa setiap rantai dan jangkar yang terpasang pada kapal harus sesuai dengan ketentuan bedasarkan rules regulation dari kelas dimana kapal tersebut dikelaskan, salah satu ketentuan tersebut adalah bahwa rantai dan jangkar kapal harus memiliki sertifikat produk kelautan (certificate of marine product) yang sudah disetujui (Approved) oleh kelas. Pada saat perusahaan pelayaran membeli rantai dan jangkar kapal sebaiknya sertifikat dari rantai dan jangkar tersebut langsung dimintakan kepada pihak penjualnya karena sertifikat ini sangat penting sebagai bukti bahwa rantai dan jangkar tersebut adalah benar-benar layak dan sesuai dengan peraturan regulasi kelas untuk dipakai pada kapal.

Berikut cara mencari dimana letak nomor sertifikat dan keterangan lainnya pada rantai dan jangkar kapal dan bagaimana cara menyalinnya kemudian mencocokan nomor tersebut dengan sertifikatnya. Sebagai contoh akan disajikan rantai jenis stud link chain dan jangkar jenis stockless.

I. MENCARI LETAK NOMOR SERTIFIKAT.


1. Rantai kapal.

  • Cari ujung-ujung mata rantai dari setiap satu segel rantai (1 segel rantai = 1 rangkaian rantai dengan panjang 27,5 m), berarti untuk setiap satu segel rantai terdapat dua bagian ujung, satu ujung bagian rantai dan ujung lainnya berupa kenter shackle.
  •  Letakkan ujung-ujung rantai tersebut diatas lantai (mendatar).
  • Gosok rantai dan kenter dengan menggunakan sikat kawat atau pisau cutter untuk menghilangkan cat yang menempel pada rantai. Gosok sampai huruf dan angka yang tertera pada rantai (stamp) muncul/tampak semuanya dan terbaca dengan jelas.
  • Foto angka-angka dan huruf yang tertera pada bagian tersebut atau salin dengan menggunakan kertas dengan cara meletakkan kertas diatas stamp dan gosokkan pinsil diatasnya.
  • Lakukan langkah seperti diatas untuk semua rantai yang akan dipakai.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :
Belajar Mengenai Kapal
Gbr. Contoh Foto Nomor sertifikat pada Rantai jangkar.
Belajar Mengenai Kapal
Gbr. Contoh Foto Nomor sertifikat pada Segel Kenter.
Belajar Mengenai Kapal
Gbr. Contoh Salinan Nomor sertifikat Rantai dan Kenter pada kertas.

2. Jangkar kapal.

  • Cari sisi jangkar yang terdapat bagian yang dicat dengan warna perak atau putih. Cari pada bagian shank dan arm jangkar.
  • Jika huruf dan angkanya tidak nampak jelas, gosok dengan menggunakan sikat kawat.
  • Foto angka-angka dan huruf yang tertera pada bagian tersebut atau salin dengan menggunakan kertas dengan cara meletakkan kertas diatas stamp dan gosokkan pinsil diatasnya.
Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :
Belajar Mengenai Kapal
Gbr. Letak Certificate No dan Class Stamp pada Jangkar.

Belajar Mengenai Kapal
Gbr. Contoh Foto Nomor sertifikat pada Jangkar.

Belajar Mengenai Kapal
Gbr. Contoh Salinan Nomor sertifikat Jangkar pada kertas.


II. MENCOCOKAN DENGAN SERTIFIKAT.


1. Rantai kapal.


  • Ambil Sertifikat rantai jangkar (Certificate For Anchor Chain Cable and Chain Cable Fittings) yang sudah didapat dari penjual rantai tersebut dan lihat pada halaman pertama. Umumnya sertifikat ini disajikan dalam bahasa internasional (Inggris).
  • Cocokan diameter rantai (Nominal diameter), Grade rantai, Proof load dan Certificate No. Data diatas tersaji dalam sebuah tabel kecuali Certificate No. yang berada dibagian pojok kanan atas.
  • Lihat pada halaman kedua dibagian pojok kiri bawah; akan tertera Certificate No. dan diikuti dengan nomor urutnya, cocokkan Nomor sertifikat beserta dengan nomor urutnya.
Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini:

Belajar Mengenai Kapal
Gbr. Contoh Sertifikat Rantai Jangkar hal #1.

Belajar Mengenai Kapal
Gbr. Contoh cara mencocokan Nomor sertifikat rantai.

2. Jangkar kapal.

  • Ambil Sertifikat jangkar (Certificate Of Marine Product) yang sudah didapat dari penjual jangkar tersebut dan lihat pada halaman terakhir. Umumnya sertifikat ini disajikan dalam bahasa internasional (Inggris).
  • Cocokan Nomor sertifikat (Certificate No.), Berat Jangkar (Weight of Anchor) dan Nomor seri jangkar (Serial Number). Data diatas tersaji dalam sebuah tabel kecuali Certificate No. yang berada dibagian atas.
Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini:

Belajar Mengenai Kapal
Gbr. Contoh cara mencocokan Nomor sertifikat jangkar.

Catatan : Agar dapat mudah dimengerti, perhatikan dan cocokkan angka 1,2 dan 3 pada gambar sertifikat diatas dengan angka pada gambar jangkar yang sebelumnya.

Selanjutnya jika Serial Number dari Rantai dan Jangkar telah cocok antara fisik dengan sertifikatnya dan sudah dibuatkan dokumentasinya baik dalam bentuk foto atau salinan kertas, maka selanjutnya foto atau salinan tersebut dilampirkan bersamaan dengan S-note dari galangan kapal dan diserahkan kepada Class Surveyor sebagai bukti jika ada penggantian rantai atau jangkar pada saat docking kapal.

Artikel yang hampir sama dengan artikel ini telah dipublikasikan dengan judul Identifikasi Material dan Komponen Kapal.

Sekian artikel tentang Sertifikat Rantai dan Jangkar. Artikel selanjutnya adalah Membuat Remote Quick Closing Valve, semoga bermanfaat dan Terima kasih karena Anda telah Belajar Mengenai Kapal.

2 komentar:

  1. terima kasih tulisan yang sangat bermanfaat, semoga menjadi ladang pahala amien

    BalasHapus
  2. terima kasih tulisan yang sangat bermanfaat, semoga menjadi ladang pahala amien

    BalasHapus