Selasa, 12 Mei 2015

IDENTIFIKASI MATERIAL DAN KOMPONEN KAPAL

Identifikasi Material dan Komponen Kapal


Identifikasi yang dimaksud disini adalah cara bagaimana kita mengetahui Ukuran / Dimensi,  Material Grade, Serial Number, dll. dari berbagai komponen dan material yang akan dipakai dikapal. Sebagian besar material dan komponen yang dipakai untuk pembuatan kapal harus memiliki sertifikat yang disetujui oleh Biro Klasifikasi, contohnya adalah Plat kapal, Baling-baling kapal, Poros Baling-baling, Jangkar, Rantai Jangkar, Kawat Las, dll. Sertifikat yang dimaksud biasanya dikeluarkan oleh pabrikan pembuat material atau komponen kapal dan salinannya diberikan kepada si pembeli material atau komponen tersebut. Selain tertulis diatas kertas / sertifikat, pada barang yang dibeli juga dicantumkan Serial Number dari barang yang bersertifikat tersebut. 
Bagaimana cara mengidentifikasi apakah material atau komponen kapal tersebut memiliki sertifikat yang disetujui oleh Biro Klasifikasi ?  Jawabannya ada dibawah ini :

1. Plat Kapal / Marine Ship plate.

Keterangan mengenai Plat Kapal terdapat pada lembaran plat itu sendiri, letaknya umunya pada daerah ujung plat atau sudut plat, tergantung pabrikan pembuatnya. Keterangan tersebut berupa tulisan tercetak dengan menggunakan bahan semacam cat atau cetakan tidak timbul ( kedalam ) pada permukaan plat. 
Isi dari keterangan tersebut berupa ; Nama pembuat / Pabrikan yang memproduksi, Ukuran / Dimensi ( tebal x lebar x panjang ), Grade daripada plat, Serial number dan Inisial dari Biro Klasifikasi yang menyetujui ( Class Stamped ). 
Grade dari plat yang biasa dipakai untuk pembuatan atau reparasi kapal adalah plat dengan Grade A.
Agar lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh dibawah ini :

Belajar Mengenai Kapal

2. Kawat Las / Welding Electrode.

Kawat las paling mudah untuk diidentifikasi, cukup dengan memperhatikan kemasan dari kawat las itu sendiri, disana akan ada informasi apakah disetujui oleh Biro Klasifikasi atau tidak, jika disetujui maka pada kemasannya akan tertulis nama dari Biro klasifikasi yang menyetujuinya ( bisa lebih dari satu Biro Klasifikasi ). 

3. Baling-baling / Propeller.

Pada bagian Propeller Hub atau daerah sekitar pangkal Baling-baling kapal terdapat  keterangan berupa tulisan tercetak. keterangan ini biasanya berisi informasi mengenai ; besarnya Diameter Propeller, Pitch, Arah putaran propeller, Nama Pabrikan pembuatnya, Serial Number, Inisial dari Biro Klasifikasi ( Class Stamped ). Agar lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh dibawah ini :

Pada Hub Propeller terlihat seperti ini:
Belajar Mengenai Kapal

Belajar Mengenai Kapal

4. Poros Baling-baling / Propeller Shaft.

Untuk Poros Baling-baling keterangannya terdapat pada bagian ujung dari poros. Isi dari tulisan yang terdapat pada ujung poros tersebut adalah Serial Number dari poros, Inisial dari Biro Klasifikasi yang menyetujui ( Class Stamped ), Kode Produksi dan keterangan mengenai poros kiri atau poros kanan.
Agar lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh dibawah ini :

Contoh : Pada Ujung Poros Propeller
Belajar Mengenai Kapal

5. Jangkar / Anchor.

Jangkar kapal umumnya memakai jenis Stockless or Navy Anchor, jangkar ini memiliki bagian yang disebut Shank ( batang dari jangkar ), Throat ( kuku / pengait dari jangkar ), Crown ( bagian paling bawah dari jangkar ) dan Ring ( tempat dari rantai jangkar dikaitkan ).
Keterangan mengenai Jangkar terdapat pada : 
a. Crown. Tertulis dengan cetakan timbul informasi mengenai berat jangkar, dan juga kode produksinya.
b. Throat. Tercetak tetapi tidak timbul dan dalam satu lokasi informasi mengenai Serial Number, Kode produksi dan Berat Jangkar.
c. Shank. Pada bagian ini terdapat Stamp dari Pabrikan pembuatnya.
Agar lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh dibawah ini :

Belajar Mengenai Kapal

Belajar Mengenai Kapal

6. Rantai Jangkar / Anchor Chains.

Informasi mengenai Rantai Jangkar dapat dilihat pada setiap mata rantai yang paling akhir dalam satu length ( mata rantai yang paling ujung ) atau dapat dilihat juga pada Canter dari Rantai Jangkar itu sendiri ( dalam 1 length rantai terdapat 1 buah Canter ). Keterangan pada Rantai Jangkar atau Canter berisikan informasi mengenai ; Kode produksi, Serial Number, Tahun pembuatan, Inisial nama dari Pabrikan pembuatnya, Batas beban yang diijinkan / Proof Load dan Grade daripada rantai.
Agar lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh dibawah ini :


Contoh Pada Rantai Jangkar Kapal


Belajar Mengenai Kapal

Khusus informasi mengenai Plat Kapal, Jangkar, Rantai jangkar, Propeller dan Poros Propeller biasanya Biro Klasifikasi akan meminta salinan dari Serial Number dan Class Stemped dari material dan komponen tersebut diatas. Bentuk salinan tersebut dapat berupa gesekan pinsil pada kertas diatas permukaan benda atau berupa foto yang menampilkan Serial Number dan Class Stamped dari material atau komponen yang dimaksud.  Contoh Salinan berupa gesekan pinsil dapat dilihat dibawah ini :

Contoh salinan dengan gesekan pinsil
Belajar Mengenai Kapal

Sekian Pembahasan mengenai Identifikasi Material dan Komponen Kapal dan Terimakasih karena Anda telah Belajar Mengenai Kapal. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar