Laman

Rabu, 06 Mei 2015

QUICK CLOSING VALVE

Quick Closing Valve.


Quick Closing Valve atau disebut juga Valve Emergency Shutoff adalah valve / katup yang biasanya terpasang pada tangki bahan bakar di kapal. Fungsi dari valve ini adalah bilamana kapal dalam keadaan darurat / emergency misalnya terjadi kebakaran maka valve ini dapat dengan mudah ditutup untuk mencegah meluasnya area kebakaran dikapal dengan cara menghentikan dengan segera aliran bahan bakar dari dalam tangki bahan bakar.
Quick Closing Valve dapat dioperasikan dengan mudah dari luar kamar mesin dengan bantuan Remote Handle ( Handle atau Tuas yang dihubungkan dengan Quick Closing Valve memakai tali yang terbuat dari logam atau wire rope ).
Pada saat keadaan darurat / kebakaran di kapal, ABK atau crew kapal harus menarik remote handle ini dari luar kamar mesin sehingga valve tangki bahan bakar tertutup.
Kapal-kapal terdahulu tidak memakai Quick Closing Valve sebagai alat keamanannya (safety divice), dengan adanya regulasi terbaru dari Biro Klasifikasi maka saat ini semua tangki bahan bakar diharuskan memakai Quick Closing Valve pada pipa yang keluar dari tangki bahan bakar ( pipa yang menghubungkan antara tangki harian dengan strainer bahan bakar dan juga pipa yang menghubungkan antara tangki induk bahan bakar dengan pompa bahan bakar / pipa transfer bahan bakar ke tangki harian ).Quick Closing Valve dipasang tepat menempel pada flens pipa penetrasi pada tangki bahan bakar.
Karena valve ini unik dalam pengoperasiannya, banyak crew kapal atau pekerja di galangan kapal yang tidak tahu cara mengoperasikannya sehingga mengakibatkan rusaknya valve.
Pada kebanyakan valve; untuk membuka valve dilakukan putaran handle ke arah kiri dan untuk menutup valve dilakukan putaran handle ke arah kanan, tetapi tidak demikian dengan quick closing valve. Berikut Cara mengoperasikan Quick Closing Valve, silahkan lihat pada gambar agar lebih jelas ( Gambar dapat menjelaskan lebih banyak dari kata-kata :D ).

Belajar Mengenai Kapal




Tidak ada komentar:

Posting Komentar