Senin, 11 Mei 2015

ECHO SOUNDER

Echo Sounder.


Echo Sounder adalah alat yang dipasang di atas kapal yang kegunaannya sebagai alat pendeteksi kedalaman perairan. Alat ini sangat berguna pada saat kapal berada pada perairan yang dangkal contohnya seperti sungai, dengan menggunakan alat ini kapal tidak akan kandas pada perairan yang dangkal.
Secara garis besar alat Echo Sounder dibagi dalam 2 bagian yaitu Monitor dan Transducer. Fungsi Transducer adalah sebagai pemancar sonar ke dasar perairan dan menerima kembali pantulan dari sonar tersebut setelah menyentuh dasar perairan sedangkan fungsi dari pada Monitor adalah menampilkan nilai dari kedalaman perairan (nilai dalam satuan feet atau m, sesuai pengaturan) selain menampilkan nilai dalam bentuk angka, monitor ini juga dapat menampilkan gambaran kasar mengenai permukaan dari pada dasar perairan.
Letak Monitor Echo Sounder berada didalam anjungan kapal / Wheel House sedangkan letak Transducer Echo Sounder berada pada dasar kapal menempel didalam sebuah mangkok atau Transducer Cup yang dilas pada plat Bottom atau plat Lunas / Keel Plate.

Berikut adalah Cara Pembuatan Transducer Cup dan Pemasangan Transducer Echo Sounder :

1. Membuat Transducer Cup.

Transducer Cup dibuat oleh galangan kapal saat kapal dibangun atau saat kapal sedang berada diatas dock bertepatan dengan jadwal docking kapal ( bila kapal tersebut belum dipasangkan alat echo sounder ).
Transducer Cup bisa dibuat dengan menggunakan bahan Round Bar yang cukup besar atau menggunakan Pipa yang memiliki ketebalan yang cukup.

a. Transducer Cup dengan material Roun Bar.
Bila akan menggunakan Round Bar ( RB ) maka pilih ukuran RB yang diameternya lebih besar dari ukuran kepala Transducer. Proses pembuatannya harus memakai bantuan Mesin Bubut / Lathe Machine. sebagai contoh ukuran Transducer Cup dengan memakai material Round Bar dapat dilihat pada gambar dibawah ini. Perhatikan gambar ; View from A terdapat lubang dengan diameter sebesar 23 mm, pada lubang ini dibuatkan ulir, ukuran ulir disamakan dengan ukuran ulir pada tangkai Transducer agar nantinya memudahkan dalam pemasangan Transducer dan juga memperkecil tingkat kebocoran.

Belajar Mengenai Kapal

b. Transducer Cup dengan memakai material Pipa.
Bila memakai material pipa maka diameter dalam / Inside Diameter pipa juga harus lebih besar dari ukuran kepala Transducer. Proses pembuatannya cukup menggunakan Cutting Torch dan Electric Welding. Pipa yang digunakan haruslah memiliki ketebalan yang cukup, material pipa dapat dipilih sesuai keinginan misalkan dipakai pipa dengan Nominal Diameter 4"  Sch.160. Pipa ini memiliki ketebalan yang cukup yaitu 15,88 mm. atau Pipa 4" Sch.120 dengan ketebalan 11,13 mm. Ketebalan pipa diusahakan minimal sama dengan tebal Plat Bottom, ini bertujuan agar Transducer Cup tidak cepat rusak atau dapat bertahan karena akan tipis termakan karat.

Lokasi penempatan Transducer Cup biasanya ditempatkan pada bagian dalam Tangki Cofferdam, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Belajar Mengenai Kapal

Pengelasan Transducer Cup haruslah sebaik mungkin dan pengelasan tidak boleh ada kebocoran, cara pengujian kekedapan pengelasannya memakai metode Air Pressure Test seperti halnya pengujian pada tangki. Pada saat pengujian kekedapan pengelasan, alat Transducer jangan dipasang, lubang tempat masuknya Transducer pada Cup ditutup dengan Baut + Packing dan Mur baut. 
Setelah peroses pengujian dengan Air Pressure Test selesai, Transducer dapat dipasang.

2. Pemasangan Transducer.

Cara Pemasangan Transducer pada Transducer Cup adalah sebagai berikut :
- Pemasangan Transducer harus dilakukan oleh minimal 2 orang ( 1 orang berada didalam cofferdam dan 1 orang berada diluar kapal / dibawah kapal dan sebaiknya memakai radio komunikasi untuk mempermudah komunikasi.
- Masukkan ujung kabel Transducer ke lubang Transducer Cup dari arah luar kapal atau daerah bottom.
- Masukkan Mur pengunci Transducer dan Packing karetnya melewati kabel Transducer.
- Putar-putar Mur penguncinya sehingga posisinya hampir mendekati kepala Transducer, tetapi tidak sampai kencang sehingga kepala Transducer masih dapat terlihat atau masih berada diluar Transducer Cup.
- Buat kekedapan pada Transducer dengan cara, dari bagian luar kapal, bagian atas Transducer diberi Red Silicon ( silikon yang biasa dipakai untuk block mesin ), silikon ini fungsinya agar lubang yang ada pada Transducer Cup dapat dibuat kedap.
- Setelah diberi Red Silicon, Dibagian luar kapal ; segera masukkan Transducer kedalam Transducer Cup dan tekan kearah atas agar Transducer benar-benar rapat dengan Cup. Dibagian dalam kapal ; mur pengunci Transducer diputar agar Transducer terkunci / rapat dengan Cupnya. Penguncian dapat menggunakan kunci pas asalkan jangan terlalu keras memutarnya agar Transducer tidak patah.
- Proses pemasangan Transducer pada Transducer Cup selesai, selanjutnya adalah pekerjaan electrician untuk memasang monitor dan connect antara Transducer dan Monitornya.

Gambar Detail Posisi Transducer pada Transducer Cup
Belajar Mengenai Kapal

Contoh Transducer Cup setelah proses pengelasan (memakai doubling plate)
Belajar Mengenai Kapal

Contoh Transducer Cup (material pipa ) didalam Cofferdam
Belajar Mengenai Kapal

Contoh posisi Transducer didalam Transducer Cup
Belajar Mengenai Kapal

Untuk Diperhatikan :
Karena tidak sedikit kasus Echo Sounder tidak berfungsi setelah dipasang dikapal maka sebelum dipasang alat ini sebaiknya diuji terlebih dahulu pada perairan atau dengan memakai kolam buatan. Setelah Monitor dan Transducer terpasang celupkan Transducer kedalam perairan atau kolam untuk mengujinya. 
Ujung dari Transducer tidak boleh tertutup atau terkena cat atau gemuk, usahakan tetap bersih saat pemasangan.
Bila dipasang sebelum proses Coating atau pengecatan badan kapal di galangan kapal maka sebelum proses pengecatan ( khususnya pengecatan bagian bottom ), transduser harus dibungkus / diberi pelindung agar tidak terkena cat.

Sekian pembahasan tentang Pembuatan Transducer Cup dan Pemasangannya dan Terima kasih karena Anda telah Belajar Mengenai Kapal. Semoga bermanfaat.



9 komentar:

  1. Saya tertarik dengan postingan saudara.
    Saya Tulus dari Supratechnic. Saya ada product pressure transmitter for shipbuilding.
    apakah bapa/ibu ada pemakaian?


    Terima kasih
    Tulus
    082312841116

    BalasHapus
  2. Mungkin ga melakukan penggantian saat kapal masih di air ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk penggantian monitor dianjungan bisa dilakukan diatas air tapi untuk mengganti transducernya tidak mungkin, karena air akan masuk lewat lubang pada bottom tempat transducer tersebut.

      Hapus
  3. Kabel yg ke transduser warna apa dgn warna apa yg disambung ke Ecousounder,TRIms

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitu anda membeli alat echo sounder lengkap (transducer dan monitor),kabel sudah disetting pada transducernya jadi tinggal hubungkan saja dengan monitornya.

      Hapus
  4. apa boleh kabel transducer yg tdk sampai di sambung kabel jenis lain

    BalasHapus
  5. Penyebab ecosonder tidak bisa deteksi kedalaman laut.

    BalasHapus
  6. Trimakasih atas tulisan anda,sangat membantu

    BalasHapus
  7. apa bisa transduser di cek dengan avo meter untuk mengetahui kondisi transduser..?

    BalasHapus