Sabtu, 04 Juli 2015

KONSTRUKSI TONGKANG

Konstruksi Tongkang.


Sebagai artikel pembuka dalam topik Konstruksi Kapal, kali ini akan membahas artikel tentang Konstruksi Tongkang atau Ponton ( Barge ).
Tongkang atau Barge memiliki ciri yang khas yaitu bentuk bodynya  yang hampir menyerupai kotak.
Umumnya Tongkang tidak memiliki alat penggerak sendiri / propulsi dan tidak berawak (unmanned), tetapi ada juga Tongkang yang memiliki alat penggerak sendiri, pastinya memiliki awak kapal (manned). 
Tongkang yang memiliki alat penggerak sendiri / propulsi disebut dengan Self Propeller Barge (SPB).
Tongkang yang tidak memiliki alat penggerak / propulsi, pada saat pengoperasiannya akan ditarik atau Towing oleh kapal jenis Tug Boat.

Jenis konstruksi yang dipakai pada Tongkang adalah sistim Konstruksi Membujur, tetapi ada juga yang memakai variasi Konstruksi Membujur dan Melintang dimana Konstruksi Melintang dipakai pada daerah After Peak / Ceruk Buritan dan Fore Peak / Ceruk Haluan saja.
Agar dapat lebih mudah mempelajari konstruksi kapal, terlebih dahulu haruslah mengetahui nama - nama dari bagian - bagian konstruksi tersebut serta letaknya, materialnya dan cara membuatnya. 
Dibawah ini dapat dilihat gambar potongan melintang dari sebuah Tongkang muatan geladak ( Flat Top Barge ) yang memakai Square Bilge atau Chine sebagai contoh untuk mempelajari konstruksi.

Belajar Mengenai Kapal

Belajar Mengenai Kapal

Belajar Mengenai Kapal

Belajar Mengenai Kapal

Material, Cara membuatnya dan Penulisan ukuran pada gambar :

1. Side Shell Plate.

Material : Marine Plate / Plat khusus untuk kapal - Mill Steel dengan Grade A. Grade dapat dinaikan menjadi B atau D tergantung nilai Scantling ketebalan plat, kekuatan tarik yang dibutuhkan dan penempatannya, untuk high tensile strength dipakai Grade AH atau DH.
Cara membuatnya : Plat lembar - demi lembar ( sesuai ukuran ) disambungkan satu dengan lainnya dengan menggunakan alat las listrik. Penyambungan plat mengacu pada gambar Shell Expansion.
Penulisan Ukuran : Pada gambar Shell Expansion ( Bukaan Kulit ) dimana terdapat gambar Plat yang terpasang, ukuran ketebalan Plat dicantumkan diatasnya dengan penulisan sebagai contoh misalkan ketebalan Plat adalah 12mm maka ditulis ; t = 12 mm atau - Lihat contoh gambar dibawah ini :
Belajar Mengenai Kapal
Contoh Penulisan Ukuran Ketebalan Plat

2. Side Longitudinal.

Material : Umumnya adalah Besi Siku ( Angle bar ) atau Plat Strip ( Flat Bar ) atau Bulb Flat. Material setara dengan Grade A.
Cara membuatnya : Setelah Plat kulit selesai disambungkan, maka Besi Siku diletakan (dilas) diatasnya dengan jarak tertentu sesuai dengan perhitungan Scantling.
Penulisan Ukuran : Pada gambar Konstruksi Profil (Construction Profile) dan Mid Ship Section dimana terdapat gambar Besi Siku yang terpasang, ukuran Flange dan ketebalan Besi Siku dicantumkan disampingnya, sebagai contoh misalkan ukuran yang dipakai adalah Besi Siku 100 x 100 x 10 maka dituliskan ; Lihat contoh penulisan pada gambar 1.

3. Chine Round Bar.

Material : Besi Bulat ( Round Bar ). Selain Round Bar dapat juga dipakai Square Bar (Besi Kotak) atau pakai Angle Bar ( Besi Siku ) atau Chine tampa memakai penguat besi (without chine bar) tetapi memakai Doubler Plate. Material setara dengan Grade A.
Cara membuatnya : Round Bar ( Upper & lower ) ditempatkan pada posisinya setelah Vertikal Web Frame tersambung dengan Plat Kulit atau bisa juga setelah Vertikal Web Frame, Chine Web Bracket dan Wrang / Bottom Transverse terbentuk.
Penulisan Ukuran : Pada gambar Konstruksi Profil ( Construction Profile ) dan gambar Potongan Tengah Kapal ( Mid Ship Section ) dimana terdapat gambar Round Bar yang terpasang, ukuran Diameter Round Bar dicantumkan disampingnya, sebagai contoh misalkan ukuran yang dipakai adalah Round Bar dengan diameter 2" maka dituliskan ; lihat contoh penulisan pada gambar 1.

4. Chine Plate.

Material : Marine Plate / Plat khusus untuk kapal - Mill Steel dengan Grade A. Grade dapat dinaikan menjadi B atau D tergantung nilai Scantling ketebalan plat, kekuatan tarik yang dibutuhkan dan penempatannya, untuk high tensile strength dipakai Grade AH atau DH.
Cara membuatnya :  Chine Plate disambungkan dengan Upper Round Bar dan Lower Round Bar setelah Upper dan Lower Round Bar terpasang.
Penulisan Ukuran : Pada gambar Shell Expansion ( Bukaan Kulit ) dan Mid Ship Section dimana terdapat gambar Plat yang terpasang, ukuran ketebalan Plat dicantumkan diatasnya dengan penulisan sebagai contoh misalkan ketebalan Plat adalah 12mm maka ditulis ; t = 12 mm ( hampir sama dengan penulisan pada Side Shell Plate ).

5. Chine Longitudinal Stiffener.

Material :  Umumnya adalah Besi Siku ( Angle bar ) atau Plat Strip ( Flat Bar ) atau Bulb Flat. Material setara dengan Grade A.
Cara membuatnya : Stiffener ditempatkan ( dilas ) diatas Chine Plate setelah Chine Plate terpasang pada Upper & Lower Round Bar.
Penulisan Ukuran : Pada gambar Konstruksi Profil ( Construction Profile ) dan Mid Ship Section dimana terdapat gambar Besi Siku yang terpasang, ukuran Flange dan ketebalan Besi Siku dicantumkan disampingnya, sebagai contoh misalkan ukuran yang dipakai adalah Besi Siku 100 x 100 x 10 maka dituliskan ; Lihat contoh penulisan pada gambar 1.

6. Bottom Plate.

Material : Marine Plate / Plat khusus untuk kapal - Mill Steel dengan Grade A. Grade dapat dinaikan menjadi B atau D tergantung nilai Scantling ketebalan plat, kekuatan tarik yang dibutuhkan dan penempatannya, untuk high tensile strength dipakai Grade AH atau DH.
Cara membuatnya : Sama seperti cara membuat Side Shell Plate, Plat lembar - demi lembar ( sesuai ukuran ) disambungkan satu dengan lainnya dengan menggunakan alat las listrik. Penyambungan plat mengacu pada gambar Shell Expansion.
Penulisan Ukuran : Penulisan ukurannya caranya sama dengan penulisan ukuran pada Side Shell Plate.

 7. Bottom Longitudinal.

Material :  Umumnya adalah Besi Siku ( Angle bar ) atau Plat Strip ( Flat Bar ) atau Bulb Flat. Material setara dengan Grade A.
Cara membuatnya : Setelah Bottom Plate selesai disambungkan, maka Besi Siku diletakan ( dilas ) diatasnya dengan jarak tertentu sesuai dengan perhitungan Scantling.
Penulisan Ukuran :  Pada gambar Konstruksi Profil ( Construction Profile ) dan Mid Ship Section dimana terdapat gambar Besi Siku yang terpasang, ukuran Flange dan ketebalan Besi Siku dicantumkan disampingnya, sebagai contoh misalkan ukuran yang dipakai adalah Besi Siku 100 x 100 x 10 maka dituliskan ; Lihat contoh penulisan pada gambar 1.

8. Bottom Girder.

Material :  Marine Plate / Plat khusus untuk kapal - Mill Steel dengan Grade A. Grade dapat dinaikan menjadi B atau D tergantung nilai Scantling ketebalan plat, kekuatan tarik yang dibutuhkan dan penempatannya, untuk high tensile strength dipakai Grade AH atau DH.
Cara membuatnya :  Karena Girder terdiri dari 2 bagian yaitu Plat Penumpu ( Web Plate ) dan Plat Hadap ( Flange atau Face Plate ) maka pembuatannya dari plat dapat dilakukan dengan cara  Bending atau Welding. untuk lebih jelasnya lihat contoh gambar dibawah ini :
Belajar Mengenai Kapal
Setelah Girder terbentuk, maka Girder diletakan ( dilas ) diatas Bottom Plate dengan jarak tertentu sesuai dengan perhitungan Scantling.  
Penulisan Ukuran : Pada gambar Konstruksi Profil ( Construction Profile ) dan Mid Ship Section dimana terdapat gambar Bottom Girder yang terpasang, ukuran Web plate, Flange atau Face Plate dan ketebalan dicantumkan disampingnya, sebagai contoh misalkan ukuran yang dipakai adalah Web Plate 400 mm, Tebal web 8 mm dan Flange 100 mm, Tebal 8 mm maka dituliskan PL.400 x 8 + FL.100 x 8 atau ; Lihat contoh penulisan pada gambar 1 dibawah ini:
Belajar Mengenai Kapal
gambar 1. Contoh penulisan ukuran

9. Vertical Web Frame.

Material :  Marine Plate / Plat khusus untuk kapal - Mill Steel dengan Grade A. Grade dapat dinaikan menjadi B atau D tergantung nilai Scantling ketebalan plat, kekuatan tarik yang dibutuhkan dan penempatannya, untuk high tensile strength dipakai Grade AH atau DH.
Cara membuatnya : Bentuk dan cara membuatnya pada tahap awal sama seperti cara membuat Bottom Girder hanya saja pada Vertical Web Frame bagian-bagian Web yang dilalui oleh Side Longitudinal diberi lubang pada bagian yang bersentuhan dengan Plat kulit agar pada saat pemasanganya Vertical Web Frame tidak menghalangi atau memotong Side Longitudinal karena sistim konstruksi yang dipakai adalah sistim Konstruksi Membujur dimana Side Longitudinal harus terpasang menerus tidak terputus oleh Vertical Web Frame.  Lihat contoh gambar dibawah ini :
Belajar Mengenai Kapal
Setelah diberi lubang yang bentuknya sedemikian rupa, selanjutnya Vertical Web Frame diletakan diatas Side Shell Plate dan disambungkan dengan cara dilas.
Penulisan Ukuran :  Penulisan ukurannya caranya sama dengan penulisan ukuran pada Bottom Girder. ( gambar 1.)

10. Collar Plate.

Material : Marine Plate / Plat khusus untuk kapal - Mill Steel dengan Grade A
Cara membuatnya : Collar Plate dibuat dari plat dengan bentuk Persegi Panjang ( ukuran disesuaikan dengan perhitungan Scantling ) dan ditempatkan pada  Chine Longitudinal Stiffener, Side Longitudinal No.1 dan No.3 dan Bottom Longitudinal No.1 dan No.3. Lihat contoh pada gambar dibawah ini :
Belajar Mengenai Kapal
Untuk bagian-bagian yang lainnya dari Tongkang cara pembuatannya hampir sama dengan yang telah diuraikan diatas asalkan materialnya sama.
Penulisan Ukuran :  Pada gambar Konstruksi Profil ( Construction Profile ) dan Mid Ship Section dimana terdapat gambar Detail tentang Collar Plate yang terpasang, misalkan ukuran terpasang adalah ; panjang plat 180 mm, lebar plat 90 mm, tebal plat 8 mm, maka penulisannya adalah PL.180 x 90 x 8 mm.

Catatan :

- Semua sambungan pada konstruksi menggunakan pengelasan ( welding ).
- Sebelum material digunakan, sebaiknya mill scale dan karat dihilangkan terlebih dahulu dengan cara Sand Blasting atau dengan cara lainnya dan kemudian dilakukan pengecatan minimal memakai cat jenis primer agar material tidak mudah berkarat.
- Besar ukuran dan ketebalan dari bagian- bagian konstruksi harus sesuai dengan perhitungan Scantling dari aturan untuk klasifikasi dan konstruksi ( rules for classification and contruction ), untuk contoh seperti diatas dipakai  aturan untuk klasifikasi dan konstruksi untuk Tongkang ( Barge ). - Scallop / Drainage hole pada Bottom Girder dan Bottom Transverse / Wrang jangan sampai terlewatkan pembuatannya karena fungsinya sangat penting.

11. Sideboard.

Sideboard pada Tongkang tidak termasuk bagian yang diikutkan dalam klasifikasi kapal, namun fungsinya sebagai penahan muatan geladak sangat penting terutama pada muatan jenis curah seperti Batu Bara ( Coal ), Pasir, Biji Besi, Tanah Merah, Semen, dll.

Bagian-bagian penting dari Sideboard adalah :


- Sideboard Plate ; dapat menggunakan Plat biasa t = 8 mm ( bukan plat khusus untuk kapal ).
- Sideboard Stiffener ; material Besi Siku ukuran 125 x 75 x 8 mm atau 100 x 100 x 10 mm.
- Stanchion ; material dari H Beam ukuran 200 x 200 x 8 x 12 mm atau 150 x 150 x 7 x 10 mm atau dibuat dari plat t =10 mm dengan bentuk segitiga dan memakai flange.
- Support Stanchion ; material sama dengan Stanchion.
- Pintu Sideboard ; bentuk pintu persegi panjang, jumlah 3 buah bersusun dari bawah keatas mengikuti tinggi Sideboard dan ditempatkan pada samping kiri,samping kanan dan depan, material dari plat 10 mm atau 12 mm dengan penguat dari Besi Siku ukuran 120 x 120 x 12 mm atau 150 x 150 x 12 mm tergantung ukuran H Beam pada Stanchion.
- Tug Push Pad ; konstruksinya terdiri dari plat t = 10 mm atau 12 mm dengan penguat dibagian dalamnya berupa H Beam 150 x 150 x 7 x 10 mm.  Tug Push Pad adalah tempat untuk Tug Boat mendorong Tongkang, pada saat Tongkang bermuatan penuh, draft akan naik, jarak antara Deck dengan permukaan air menjadi kecil, jika tidak disediakan Push Pad maka saat akan mendorong (pusher) Tongkang maka haluan Tug Boat akan bersentuhan dengan Sideboard yang dapat mengakibatkan kerusakan pada Sideboard dan tumpahnya muatan.

12. Manhole.

Material : Marine Plate / Plat khusus untuk kapal - Mill Steel dengan Grade A.
Cara membuatnya : Bentuk Manhole dibagian ujung-ujungnya adalah setengah lingkaran, Manhole terdiri dari Cover dan Ring dengan Baut dan Mur sebagai pengunci Cover. Setelah Cover dan Ring terbentuk maka keduanya disatukan untuk proses pembuatan lubang untuk Baut Manhole dengan cara di Bor / Drilling. Setelah lubang Baut terbentuk Baut Manhole dimasukan kedalam Ring dan dilas bagian ujungnya sehingga menyatu dengan plat Ring. Langkah selanjutnya adalah menempatkan Ring pada Deck Plate yang telah dilubangi terlebih dahulu sesuai ukuran lubang Manhole ( 600 x 400 mm ). Ukuran lubang Baut pada Cover harus lebih besar dari diameter Baut Manhole, pada Cover Manhole biasanya diberi Handle untuk mengangkat Manhole.
Untuk menjaga kekedapan antara Cover Manhole dengan Ring Manhole digunakan Gasket atau Packing Karet dengan ketebalan 5 mm.

Sekian artikel tentang Konstruksi Tongkang dan artikel berikutnya adalah Konstruksi Tug Boat, semoga bermanfaat dan Terima kasih karena Anda telah Belajar Mengenai Kapal.





107 komentar:

  1. Balasan
    1. kalau kotak akan cenderung mengalami deformasi dan bentuk lingkaran memiliki kekuatan lebih baik

      Hapus
    2. Dan yang namanya manhole itu secara logis akan di gunakan untuk jalurnya pekerja lapangan mengerjakan kapal, jadi ukurannya sudah di sesuaikan dengan lebar dan tinggi manusia di saat membungkuk masuk kelubang yaitu 600x400.

      Hapus
    3. Manhole adalah jalur keluar masuk orang. Lebar dan tebal badan berbeda. Kalo dibuat lingkaran dengan mengacu pada lebar badan, lubang terlalu besar. Bukaan/lubang semakin besar mengurangi kekuatan. Jd agar proporsional dibuatlah oval sesuai bentuk badan orang.

      Hapus
    4. Halo salam kenal, saya sampai saat ini masih bingung cara menghitung luasan side board tongkang, dan deck untuk kebutuhan catnya

      Hapus
  2. @Unknown> terimakasih sudah berkunjung, Manhole dibuat berbentuk oval memiliki alasan yang sama dengan kenapa bukaan pada geladak kekuatan harus diberi Radius pada daerah sudutnya ( bukaan untuk ruang palka, bukaan pada pintu kedap air, bukaan pada small hatch ) yaitu untuk menghindari terjadinya keretakan pada bagian yang bersudut pada bukaan.

    BalasHapus
  3. Apa perbedaan Marine plate dengan plat biasa?
    dan apakah perbedaan Marine Plate Grade A, B dengan D?
    Sebelumnya, terima kasih atas sharing artikel2 yang sangat membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Unknown > bila ingin memberi komentar atau bertanya jangan sungkan untuk memberikan nama anda.
      Mohon maaf jika baru menjawab pertanyaan saudara.
      Perbedaan antara Marine Plate dengan plat biasa adalah pada besarnya min.nominal upper yield point dan tensile strength (kekuatan tarik),sedangkan perbedaan antara Grade A,B,D dan E terletak pada nilai campuran dari unsur-unsur pembentuk material (C, Si, Mn)sehingga menghasilkan material yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Secara umum material yang disyaratkan untuk digunakan pada pembuatan kapal baja harus memiliki min.nominal upper yield point Re(MPa) 235 dan tensile strength (kekuatan tarik) Rm(MPa) 400-520. Penggunaan material Grade A, B, D dan E tergantung pada ketentuan (rules)yang digunakan untuk pembuatan kapal baja atau konstruksi bangunan lepas pantai. Sekedar contoh material Grade B dan D banyak digunakan untuk kapal yang beroperasi pada perairan yang dingin (low temperature) sedangkan Grade E digunakan untuk pembuatan platform pengeboran minyak pada anjungan lepas pantai (offshore). untuk mengetahui besarnya campuran dari masing-masing unsur pembentuk material anda bisa googling.

      Hapus
  4. apakah ada software untuk menghitung konstruksi kapal tongkang dan tugboat ??
    jika ada tolong email ke alamat saya maliadolfus@gmail.com, saya sangat tertarik mengenai konstruksi kapal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. komentar ini sudah ditanggapi via email

      Hapus
    2. febriadhiputra92@gmail.com boleh dishare juga pak .

      Hapus
  5. apakah ada software untuk menghitung konstruksi kapal tongkang dan tugboat ??
    jika ada tolong email ke alamat saya maliadolfus@gmail.com, saya sangat tertarik mengenai konstruksi kapal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. komentar ini sudah ditanggapi via email

      Hapus
    2. Selamat malam bos maaf mengganggu mau tanya lebar pintu sideboard tongakang 270 feet berapa ya..tks salam

      Hapus
    3. rata-rata lebar pintu di angka 4,7 meter dan tinggi 1,2 meter

      Hapus
  6. Dear Om Smith Tutu,

    Tinggi sideboard antara tongkang 220 feet dan 230 feet sama'kah Om...??
    Dan tinggi sideboard tongkang 270 feet dan 300 feet sama jugakah Om...??
    Bagaimana kita mengetahui tinggi rata - rata diatara sideboard tongkang - tongkang tersebut secara teori Om...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggi Sideboard TK.220' s/d 240' adalah 2,4 m. Tinggi Sideboard TK.250' adalah 3m. Tinggi Sideboard TK.270' adalah 3m dibagian depan dan 3,6 m dibagian belakang. Tinggi Sideboard TK.300' adalah 3,6 m. Demikian Semoga dapat membantu.

      Hapus
    2. pak mohon maaf saya mau tanya jika ukuran sideboard untuk tongkang 330 feet jumbo berapa ya, dari banyak tongkang 330 feet jumbo yg pernah dibuat

      Hapus
    3. tinggi sideboard sama dengan tinggi sideboard tongkang 300 ft yaitu 3600 mm jarak antara stiffener 600 mm

      Hapus
  7. min ada contoh drawing deck expansion ga, bole bagi min.
    artikelnya sangat banyak membantu. sukses selalu min!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada nanti dikirim lewat email. Terima kasih sudah mampir.

      Hapus
    2. Boleh saya minta rab utk pembuatan kapal tongkang nya gak ya pak
      Saya lagi butuh
      Klu ada mohon di email ke alamat email saya ya pak

      Hapus
    3. ariiw6@gmail.com terimakasih pak

      Hapus
  8. Saya butuh spec TK 300 Ft bisa minta No tlp untuk kordinasi mohon dapat di email ke alfy_SRBP@yahoo.com

    BalasHapus
  9. Min bisa kirim noo contact agar bisa kordinasi alamat email saya alfy_SRBP@yahoo.com

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. komentar ini sudah ditanggapi via email

      Hapus
    2. Saya minta juga mas,gasifidiyatmo@gmail.com

      Hapus
  10. @ Alfy Medy anza simanjuntak.
    Terima Kasih telah berkunjung.

    BalasHapus
  11. Proses lego jangkar untuk di tongkang Batubara seperti apa ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena Tongkang (unmanned barge) tidak memiliki mesin generator listrik, maka tentunya alat untuk menggerakkan winch jangkar menggunakan mesin penggerak diesel. Motor diesel dihubungkan dengan winch jangkar menggunakan gear box sehingga putaran mesin dari motor diesel dapat diperlambat (ada ratio perbandingan) jadi proses menurunkan dan menaikan jangkar lebih aman dan nyaman.
      Sekian penjelasan dari saya. Terima kasih atas kunjungan Anda.


      Hapus
  12. Min adakah software untuk perhitungan konstruksi, sama penempatan dan pergitungan towing bracketnya?
    Apakah saya dapat minta referensi konstruksi tongkang 240, 270, dan 300 feet. Kalau ada bisakah di email ke zmanshur@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  13. Apakah ada software perhitungan konstruksi kapal tongkang dan rules perhitungan towing bracketnya? Dan bisakah saya minta referensi konstruksi kapal tongkang 240, 270, 300 ft. Kalau berkenan bisakah di emailkan ke zmanshur@gmail.com

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada softwarenya; biasanya mengacu pada Class yang dipakai, mengenai referensi tongkang, maksudnya referensi mengenai apa?

      Hapus
  14. min mau tanya? kalo untuk push tug tongkang 300 feet, jumlah tonasenya berapa kg ya? untuk satu push tug

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya kekuatan tugboat untuk mendorong tongkang 300 ft? kekuatan tugboat untuk mendorong tongkang sama saja dengan kekuatan tugboat untuk menarik tongkang. Idealnya pada saat tugboat menarik tongkang kecepatannya mencapai 6 Knot, tapi di Indonesia kebanyakan hanya mencapai 4 knot bahkan kurang. Pakai saja pedoman daya mesin induknya saja; untuk tongkang 300 ft, mesin induk yg terpasang di tugboat minimal 2x1000 Hp. Mengenai tonasenya tergantung ukuran tongkang (panjang, lebar dan tinggi), lihat saja tonase maksimumnya pada booklet tongkang itu sendiri.

      Hapus
  15. Selamat Sore Pak...
    Terima kasih sharing artikelnya...
    Pak,apa perbedaan Marine plate dengan plat biasa?
    dan apakah perbedaan Plate Mild Steel Grade A, B dengan D?
    Untuk mengetahui ciri-ciri bahwa materia tersebut Plate Mild Steel Grade A ?
    alfredo.sitepu@gmail.com
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat komentar saya diatas, tentang pertanyaan yang sama

      Hapus
  16. Om smith..saya bru mau blajar buat ponton nih om dpt job bikin ponton 10 mtr x 5 mtr...bs kalkulasikan plat brp mm yg bagus om..apa bsa ngapung dgn ukuran sprti itu.. konstruksinya gmn..untk bgian yg tenggelam dn terapung.. mksh sblmnya om smith..artikel nya sngt membantu ..via emailku om " bvirgo30@gmail.com "

    BalasHapus
  17. adakah perbedaan antara ponton dan tongkang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Barge: kapal berawak atau tidak berawak, biasanya tanpa daya dorong sendiri, berlayar dengan didorong atau ditarik kapal lain. Rasio dimensi utamanya menyimpang dari dimensi untuk kapal laut.
      Ruang muatnya / palka (cargo hold) cocok untuk mengangkut muatan kering atau cair.

      Pontoon: Unit mengapung berawak atau tidak berawak, biasanya tanpa daya dorong sendiri. Ratio dimensi utamanya menyimpang dari dimensi untuk kapal laut.
      Membawa muatan diatas deck, tidak memiliki ruang muat/ palka (cargo hold).

      Tongkang : sebutan untuk pontoon yg memiliki sideboard sebagai penahan muatan di atas deck.

      Hapus
  18. Min cara membuat RAB nya gmna dan contoh RAB itu sperti apa

    BalasHapus
  19. boleh minta materi tentang profile sketch sama nesting plate
    please

    BalasHapus
    Balasan
    1. profile sketch ? apa yang dimaksud contruction profile ?

      Hapus
    2. maksudnya mungkin minta materi kontruksi keseluruhan min soalnya penjelasanya kurang lengkap

      Hapus
  20. mau menanyakan informasi spesifikasi tk 270, 300 dan 330 ft beserta no kontak yang bs dihubungi. mohon diemailkan ke dk_laksmi@yahoo.co.id. terimakasih

    BalasHapus
  21. tuan smith saya irman ingin bertanya ada ka dinding pembahagi perlu di pasangkan angle bar di kedua belah atau cuma sebelah sahaja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Irman,
      dinding pembagi yang kamu maksud mungkin dinding diantara ruang (cabin) yang berada pada superstrukture atau deckhouse ya..? atau dinding diantara tangki-tangki atau biasa disebut Bulkhead ?
      Pada setiap dinding dan sekat, pada salah satu sisinya dipasang penegar (stiffeners) untuk memperkuat dinding atau sekat tersebut. Umumnya penegar dipasang hanya pada 1 (satu) sisi saja, karena sudah dianggap kuat secara konstruksi asalkan tebal plat dan ukuran profil penegarnya sesuai dengan yang disyaratkan. Jika dikehendaki dipasangkan penegar pada kedua sisinya maka hal itu merupakan pemborosan material dan menambah berat kapal,kecuali pihak owner mengingininya.

      Hapus
  22. Min, boleh share kontak kah? Saya ingin koordinasi juga terkait tugas kuliah saya yang ada hubungannya dengan tongkang juga. Kirim ke email saya putriratna00@gmail.com, terimakasih min

    BalasHapus
  23. "Bolehkah kirimkan spec untuk tongkang 180 feet?"Wassalam"Yhudy

    BalasHapus
  24. Selamat pagi. Terinakasih, Artikelnya sangat jelas dan sangat membantu. Apakah boleh sy minta contoh drawing tongkang?. Type apa saja boleh. Tujuannya saya mau kembangkan ke floating hotels. Trimakasih atas bantua nya. Hormat saya, Dwi.

    dwisetyoso@gmail.com

    BalasHapus
  25. Selamat pagi. Terinakasih, Artikelnya sangat jelas dan sangat membantu. Apakah boleh sy minta contoh drawing tongkang?. Type apa saja boleh. Tujuannya saya mau kembangkan ke floating hotels. Trimakasih atas bantua nya. Hormat saya, Dwi.

    dwisetyoso@gmail.com

    BalasHapus
  26. Untuk tongkang 330 ft, berapa ya draft saat kosong & sat terisi penuh beban? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Draft tongkang saat kosong rata-rata hampir sama yaitu sekitar 0,6 m s/d 0,7 m saat tongkang baru dibuat. jika tongkang lama rata-rata antara 0,7 s/d 0,85.

      Hapus
    2. Draft tongkang saat kosong dan saat muatan penuh (even keel), dapat dilihat pada Booklet Stability tongkang tersebut. Booklet dibuat dan diberikan oleh galangan kapal pembuat tongkang.

      Hapus
  27. Trim,s artikelnya,,, mohon bantuannya untuk menghitung berat tongkang tlg jawabannya via email aja trim,s

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau tahu mengenai berat tongkang saat kosong (tanpa muatan /kasko) lihat pada Booklet stability saja pada bagian Lwt (Lightweight).

      Hapus
  28. om saya mau tanya, rules yang mengatur tongkang, terutama untuk perhitungan tebal plat dan ukuran frame pada sideboard nya based on BKI rules di sebelah mana ya. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rules BKI Volume II, dan lihat juga pada Section 31 - Barges and Pontoons.
      Mengenai sideboard; Sideboard tidak termasuk item class, jadi tidak ada rulesnya.

      Hapus
  29. Bro... klo Tinggi sidebord lihat di dokumen apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggi sideboard bisa dilihat pada gambar General Arrangement (gambar rencana umum) atau pada gambar konstruksi profil.

      Hapus
  30. Berapa berat besi tongkang ukuran 12mx42mx3.20.pak..saya bergerak di bidang scaff..tolong dikasi infonya pak trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Unknown Visitor,
      Jika dianggap sama, panjang loa dan lpp, maka berat besi atau hull tongkang dapat dihitung dengan rumus pendekatan, untuk ukuran 12 m x 42 m x 3,2 m berat baja badan kapal sekitar 145 ton.

      Hapus
  31. Maaf mas bisa minta data lines plan kapal tongkang 300 feet untuk keperluan tugas akhir? terimakasih

    BalasHapus
  32. Bro apa kah di bagian pojok siku2 persegi tongkang di lapisi lagi dengan pelat ..apa bila lapisan luar bocor apakah akan tembus di dalam bocor ... Semacam Doble bottom? Mohon infoy dan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Aa,
      yang dimaksud pojok siku-siku itu diarea mana? kalau yang dimaksud pojok siku-siku dibagian sambungan plat deck dengan plat sisi, maka penambahan plat hanya berfungsi seperti fender saja, jika terbentur atau terjadi kerusakan maka ada kemungkinan bocor juga. Jika yang dimaksud pojok adalah area chine / bilga dan kemudian dibagian dalam ditambahkan konstruksi seperti double bottom maka jika terjadi benturan atau kandas pada bagian plat bottom, bagian dalam tangki diatasnya akan aman, konstruksi seperti itu banyak dipakai pada kapal-kapal tanker atau biasa disebut konstruksi double hull, jadi bukan saja bagian bottom yang diberi tambahan ruang tetapi bagian sampingnya juga.

      Hapus
  33. Om smith tutu.
    Mau nanya nih , bagaimana bila pada saat pembuatan tongkang , levelan kanan dan kiri ny tidak sama ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Unknown visitor,
      Ketinggian bangunan sebelah kanan dan kiri harus sama, kalau tidak kapal yang dibangun nanti bisa miring.

      Hapus
  34. Bp Smit berapa lebar pintu sideboard tongkang 270 feet ya...tks salam

    BalasHapus
  35. Bp Smit berapa lebar pintu sideboard tongkang 270 feet ya...tks salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Unknow,
      Lebar pintu pada sideboard disesuaikan dengan lebar dari alat berat yang akan digunakan (excavator, Dump truck,dll). Prinsipnya lebar bukaan pada pintu sideboard harus cukup lebar untuk keluar masuknya alat berat. Umumnya lebar bukaan pintu samping berkisar antara 4270 s/d 4350 mm sedangkan pintu dibagian depan 4500 s/d 5300 mm

      Hapus
  36. min, bisa dapat rincian biaya buat pembangunan tongkang 300 ft , material plat , besi pendukung ,kawat las , ongkos welder , thanks sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hitung sendiri yaaaa...
      1. Hitung berat kapal kosong dengan rumus pendekatan.atau ambil contoh tk yang sudah jadi, lihat di booklet, cari lwt-nya.
      2. tentukan ukuran plat yang akan dipakai, cari berat per lembarnya. Tentukan juga ukuran siku, pillar dan diagonalnya.
      3. cari 40% dari lwt tk.
      4. 60% dari lwt dibagi berat per lembar plat (untuk kulit)
      5. 30% dari 40% lwt dibagi berat per lembar plat (untuk web frame, web pada bottom, dll)
      6. 60% dari 40% lwt dibagi berat siku yang akan digunakan (untuk main frame)
      7. 5% dari 40% lwt dibagi berat siku yang akan digunakan untuk diagonal.
      8. 5% dari 40% lwt dibagi berat H Beam yang akan digunakan sebagai pillar.

      Perhitungan diatas hanya sebatas perkiraan awal dengan dasar berat kulit tk 60% dan internal membernya 40%

      Untuk perhitungan yang lebih detail, buat dahulu gambar kontruksi profilnya.

      Hapus
  37. Kalau tk memakai sideboard: kurangi dahulu lwtnya dengan berat sideboardnya.

    BalasHapus
  38. Mohon tanya, untuk standar material tangki dalam tongkang, menggunakan standar/ peraturan dari mana ya ? Terima kasih.

    BalasHapus
  39. Kenapa bisa berbeda Pak, draft tongkang baru dan tongkang lama ? dan malah lebih tinggi draft tongkang lama dengan deaft tongkang baru ?

    BalasHapus
  40. Maaf min bisa sharing kah lewat email,saya mau tanya tentang konstruksi kapal tongkang untuk tugas kuliah saya
    Ini emailnya sholehgresik66@gmail.com

    BalasHapus
  41. Maaf min bisa sharing kah lewat email,saya mau tanya tentang konstruksi kapal tongkang untuk tugas kuliah saya
    Ini emailnya sholehgresik66@gmail.com

    BalasHapus
  42. Mas Smith, izin tanya.misal barge flat top barge 230ft mampu mengangkat 3500ton,jika barge flat top tsb dirubah, dibuang flat topnya menjadi Palka, seperti kapal cargo,apakah jumlah tonase muatannya sama dgn flat top barge?karna yg tadinya cargo di letakkan di atas deck barges, ini didalam Palka barge nya. Trims mas smith

    BalasHapus
  43. untuk estimasi harganya gmn pak?bisa dibantukah?

    BalasHapus
  44. Terimakasih min infonya sangat berharga,
    Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan
    Bisakah kita komunkasi via email
    amirlagi@gmail.com
    Saya tertarik untuk membuat dan mereparasi tongkang.siapa tau kita bisa kerjasama. Terimakasih

    Terimakaaih

    BalasHapus
  45. Met Siang Gan
    Pintu masuk ke Maindeck / Palkah, apakh harus ada atau tidak, klo ada, adakh sertifikasi mengenai pintu masuk tersebut

    BalasHapus
  46. Pak, bagian sideboard tongkang tiap dilakukan docking apakah harus dilakukan sandblasting dan re-painting?

    BalasHapus
  47. Bang smith cara mendesain kapal tongkang bagaiamana?kirim ke email saya ya ronyyw33@gmail.com

    BalasHapus
  48. Pak... ukuran rantai breeder pada tongkang 300ft brp dan panjang nya berapa ya.. trus ukuran wire nya berapa dan panjang nya biasanya berapa.. terimakasih sebelum nya.

    BalasHapus
  49. Pak... ukuran rantai breeder pada tongkang 300ft brp dan panjang nya berapa ya.. trus ukuran wire nya berapa dan panjang nya biasanya berapa.. terimakasih sebelum nya.

    BalasHapus
  50. Min ada kah rumus untuk menghitung volume cat tongkang,(pre docking). Salam.

    BalasHapus
  51. Mau tanya om,ponton yg bermuatan material batu bisa kah diakalin dengan air untuk menambah berat muatannya,?
    Maaf ,,saya hanya ingin mengetahui ada permainan dari pihak tertentu di tempat saya bekerja,
    Mohon jawabannya ,,,

    BalasHapus
  52. Bpk Smith,

    Boleh Share bagaimana/cara prosedur inspeksi tongkang, baik tongkang baru, tongkang yg sudah out of Class.


    apa saja yg harus di cek, difoto, dibuka, tangki-tangki yg dicek dll nya.

    Terima Kasih

    BalasHapus
  53. Bpk Smith,

    Boleh share cara inspeksi tongkang baru, tongkang yg out of Class.

    1. apa saja yg di inspeksi, yg di foto, yg di cek tangki-tangki nya.
    2. apa saja yg mesti di cek secara komplit utk inspeksi tsb.

    Boleh share ke email : alfazridoni@gmail.com

    Terima Kasih

    BalasHapus
  54. Om Smith,
    Punya contoh gambar konstruksi ponton untuk beban muatan 1000KN? boleh share ke email saya: sari.rizkipuspita@gmail.com , Terima kasih

    BalasHapus
  55. Saya pekerja tongkang saya ingin belajar lebih tentang tongkang
    Ini sangat membantu

    BalasHapus
  56. mr. smith
    bolehkan saya meminta spesifikasi TK 250ft, 270ft,300ft via email, thanks
    panji.aries007@gmail.com

    BalasHapus
  57. Berapakah panjang standar joinan untuk stanchion

    BalasHapus
  58. Pak semit mau tanya berapa beaya untuk bikin 1 pontoon. Untuk exavator untuk pengslian canal dsn tambak.ya .terima kasih

    BalasHapus
  59. saya mau tanya ni pak kalau sebut di Ponton di mana nya

    BalasHapus
  60. Min..berapa tonase besi yg di butuhkan untk ponton 100ft

    BalasHapus